ISO 9001. Mocin Bersertifikat ISO 9001:2000? Koq, Bisa?

ISO 9001:2000. Bila konsumen mempertanyakan sertifikat ISO 9001:2000 pada Mocin alias Motor China.

Pembaca Quality Forum yg budiman, Dalam rubrik surat pembaca sebuah koran, ada pertanyaan yang cukup menggelitik. Pertanyaannya begini:

"Mengapa sepeda motor China (Mocin) baru yg belum lama ini saya beli sudah rusak. Padahal Mocin tsb sudah mendapat sertifikat ISO 9001:2000? Apa artinya sertifikat ISO tsb kalau ternyata kualitas produknya tidak bagus?"

"Pertanyaan yg super". Mario Teguh pasti akan berkata begitu kalau saja pertanyaan ini diajukan padanya. Sayangnya saya bukan Mario Teguh yg lemah lembut, penyabar dan suka memotivasi.

Maka, kalau saya yg ditanya, saya (sambil membentak-bentak, karena saya seorang manajer, seperti manajer-manajer lainnya di "negeri impian" atau "perusahaan impian" sana, he, he...) pasti akan jawab begini: "Kamu ini sudah ngerti ISO 9001:2000 belum.. Sudah pernah belajar ISO 9001:2000, belum..??!!."

Pembaca Quality Forum yg budiman, kalau jawabnya, "Belum, Pak..." Maka, pasti saya akan langsung nyerocos begini, "Makanya jadi orang itu suka membaca. Suka belajar. Bukankah ada nasihat bijak "Belajarlah sampai ke negeri China". Jangan ke China hanya untuk baca komik Kho Ping Ho saja (ech..., ngomong-ngomong Kho Ping Ho, tuh.. komik China, gak, sech..?!) . Atau ke China malah untuk menyembunyikan uang hasil korupsi (sorry, lho, pada para koruptor, he, he...canda, nech...!!). Belajar ISO 9001:2000, dong..! Kalo mau canggih lagi, belajar ISO 9001:2008, dong..!! Biar gak GAPSO, alias gagap ISO, gak tahu ISO 9001:2000 sama sekali... Huh, parah, eh.. payah..!! "

Atau, kalau saya lagi kalem, tidak emosional, saya akan berkata begini: "Gini aja. Kamu belajar dulu minimal dua hal sederhana ini: 1. Apa itu arti mutu. 2. Apa itu ISO 9001:2000 atau ISO 9001:2008. Minimal tahu arti kata ISO itu sendiri dulu. Caranya gampang and gratis. Klik saja di sini atau di link ini. Nah, kalau masih bingung juga (dan ini sudah kebagetan) , kamu bisa tanya ke MR ISO 9001:2000 atau ke Auditor ISO 9001:2000. Siapapun mereka, dijamin mereka tahu banyak. (Iya, kan? he.. he...).

Oke, lah..! Ini saya kasih bocoran sedikit sebelum kamu buka link tsb atau bertanya ke Auditor ISO 9001:2000 atau MR.

Kata ISO dalam "ISO 9001:2000" itu bukan akronim atau inisial, apalagi singkatan dari International Organisation for Standardisation. Ini makin nggak nyambung. Yang benar, kata ISO itu diambil dari bahasa Yunani "Isos" yang berarti "sama" (English= "equal").

Pembaca Quality Forum yg budiman, lalu apa kaitannya ISO 9001:2000 dengan mutu?

Pertanyaan super (kata Om Mario Teguh). Lha, yg ini perlu penjelasan agak panjang. Langsung aja, dech klik di sini. Mudah2-an tidak ada "pertanyaan super" seperti ini lagi: "Kenapa Mocin bisa dapet sertifikat ISO 9001:2000. OK..?!!

Salam super. Eh, sorry... salam mutu.

2 comments:

Unknown said...

Maaf ikut nimbrung, Standar sistem mutu sesungguhnya digunakan untuk menjamin/memastikan produk yuang dihasilkan sesuai dengan yang direncanakan. Jadi jika produk yang direncanakan dengan kualitas c maka itulah yang harus dipastikan. Terima kasih.

Stanley Sutrisno said...

Saya setuju dg Pak (Mas) Dhamana. Kalau misalnya Customer memesan produk kita dg kualitas "C" spt yg Pak Dhamana bilang, maka Supplier / Produsen yg sdh bersertifikat ISO 9001 harus menjamin bahwa konsumen tsb akan mendapat produk dg kualitas "C" sesuai kualifikasi yg ditentukan pembeli, meskipun kualitas "C" bukan kualitas terbaik.

Kpd Pak Dhamana, trmksh atas "Comment-nya". Salam mutu.

DAFTAR ISI:

Blogvertise Click Here to Advertise On My Blog Increase Website Traffic

Custom Search