Total Quality Management (TQM). Apa-Mengapa?

Total Quality Management (TQM).
Apa? Mengapa? Kapan? Di mana? Siapa? Bagaimana?

Pembaca Quality Forum yg budiman, apakah Anda belum tahu banyak tentang Total Quality Management (TQM)? Kalau belum, artikel ini kami persembahkan special untuk Anda. Kalau sudah, kami tunggu Anda ikut berbagi di forum ini. Semoga forum ini bermanfaat untuk kita semua.

Ada berbagai system manajemen, baik formal maupun non-formal. Yang non-formal salah satunya adalah Total Quality Management (TQM) atau biasa diterjemahkan Manajemen Mutu Terpadu. Disebut non-formal, karena system ini tidak dibakukan. Artinya, tidak ada standard baku atau khusus yg harus diikuti bila hendak mengaplikasikan (TQM), misalnya standard internasional. Juga tidak ada sertifikasinya. Karena itulah, orang kadang menganggap TQM hanya sebagai "Tools", bukan system manajemen.

Pembaca Quality Forum yg budiman, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Tapi juga tidak sepenuhnya salah. Tergantung pada implementasi Total Quality Management (TQM) pada organisasi tsb. Kalau organisasi itu mengimplementasikan TQM secara "penuh", maka ia tidak bisa hanya dianggap sebagai "Tools". Yang sering terjadi adalah, organisasi hanya menerapkan Gugus Kendali Mutu (GKM), yg hanya merupakan bagian kecil dari TQM, tetapi merasa sudah menerapkan TQM (secara penuh?). Yang begini biasanya yg menganggap TQM sebagai "Tools".

BERSAMBUNG....

1 comment:

holy said...

good article about TQM...very informative and useful

DAFTAR ISI:

Blogvertise Click Here to Advertise On My Blog Increase Website Traffic

Custom Search