ISO 9001. Quality atau Mutu itu apa, sich..?!!

ISO 9001. Quality atau Mutu itu sesungguhnya apa, sich...?!!

Pembaca Quality Forum yg budiman, pada umumnya orang mengatakan bahwa barang yang bermutu (good quality) adalah barang yang penampilannya atau modelnya bagus, kuat atau awet, enak dan mudah dipakainya. Harga dan pelayanan biasanya menjadi nomor dua. Maka, kadang-kadang orang berkata: "Sebenarnya mutunya bagus. Sayangnya harganya mahal. Dan pelayananannya juga lama".

Dalam hal jasa / service, yang dikatakan bermutu biasanya adalah jasa yang pelayanannya cepat, nyaman, ramah, mudah dan tidak berbelit-belit / simple, serta tepat waktu. Harga menjadi nomor dua. Orang biasanya memisahkan masalah harga dari persoalan mutu / quality.

Pemahaman umum tentang mutu / quality ini tidak salah. Tetapi dalam system manajemen mutu (SMM), pengertiannya sedikit berbeda. Meskipun begitu, perbedaan sedikit ini memiliki implikasi yg cukup luas dan signifikan dalam penerapannya.

Pembaca Quality Forum yg budiman, Quality atau Mutu dalam system manajemen mutu (SMM) diartikan sebagai kesesuaian terhadap persyaratan pelanggan, atau pun kesesuaian terhadap standard mutu yang telah ditetapkan organisasi. Bisa saja pelanggan yang satu mempunyai persyaratan / standard mutu sendiri, yg berbeda dengan pelanggan lain. Atau berbeda dengan standard mutu yg ditetapkan oleh Supplier-nya. Demikian pula perusahaan sebagai produsen atau Supplier, dia bisa saja mempunyai standard mutu yang berbeda dengan perusahaan lain. Kecuali jika standard mutu produk tsb sudah diatur oleh / melalui standarisai /organisasi satdarisasi. Misalnya SNI.

Perusahaan yg membidik pasar kelas menengah ke bawah, biasanya tidak akan menentukan standard mutu produk "kelas atas", karena untuk menghasilkan produk "kelas atas" biasanya Cost-nya tinggi. Kalau demikian, maka bisa jadi produknya tidak akan laku. Perusahaan seperti ini bisa saja memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 karena system manajemen mutunya sudah sesuai dengan standard internasional System Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Ingat...!!! YANG SESUAI DENGAN STANDARD INTERNASIONAL ADALAH SISTEM MANAJEMEN MUTUNYA. BUKAN (MUTU) PRODUKNYA. Karena ISO 9001:2000 memang bukan standard mutu produk.

Jadi perusahaan yang sudah mendapat sertifikat ISO 9001:2000 belum tentu mutu produknya bagus dalam arti mutunya bagus menurut pandangan umum di atas, meskipun diharapkan bisa seperti itu. Lalu apa artinya sertifikat ISO 9001:2000?

Pembaca Quality Forum yg budiman, dengan menerapkan system manajemen mutu ISO 9001:2000, (atau versi terbaru ISO, yakni ISO 9001:2008) perusahaan menjamin bahwa produknya (barang atau jasa) akan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan pelanggan. Kalau pelanggan minta atau membeli produk kualitas "A" maka ia akan mendapatkan produk kualitas "A", bukan kualitas "B" atau "C".

Demikian pula jika perusahaan tsb sudah menetapkan standard mutu produknya adalah produk kualitas "B", maka setiap produk yang dihasilkan adalah berkualitas "B", bukan "C", "D", atau bahkan "E" yg kualitas atau Grade-nya makin rendah. Kalaupun kemudian muncul kualitas "A", maka hal ini akan menjadi "pertanyaan" bagi perusahaan itu, karena bisa jadi ada "sesuatu yang salah". Jadi dengan menerapkan SMM ISO 9001:2000, perusahaan dan juga konsumen, akan mendapatkan kepastian atas kualitas produk yg dihasilkan atau dibeli.

Quality atau mutu itu mencakup apa saja, sich?

Pembaca Quality Forum yg budiman, Quality atau mutu biasanya mencakup QCDSM. Q = Quality atau mutu produk itu sendiri. C = Cost. D = Delivery. S = Safety. M = Morale.


BERSAMBUNG...

No comments:

DAFTAR ISI:

Blogvertise Click Here to Advertise On My Blog Increase Website Traffic

Custom Search