Implementasi QMS ISO 9001 di Samsat Kabupaten Semarang Patut Diapresiasi

Implementasi QMS ISO 9001 di Samsat Kabupaten Semarang menurut pendapat saya patut diapresiasi. Kenapa?

Pembaca Quality Forum yg budiman, apakah Anda pernah masuk ke kantor Samsat Kabupaten Semarang untuk jadi tamu atau untuk membayar pajak atau urusan lain? Apakah Anda memperhatikan bahwa di sana ada "tanda-tanda" bahwa kantor Samsat Kabupaten Semarang mengimplementasikan System Manajemen Mutu ISO 9001?

Pembaca Quality Forum yg budiman, kalau Anda sedikit jeli, Anda tentunya bisa melihat bahwa Kantor Samsat yg berlokasi di Jl. Sukarno Hatta - Klepu Kab. Semarang, Jateng tersebut mengimplementasikan System Manajemen Mutu ISO 9001. Tanda-tandanya adalah:

- Di sana terpampang Kebijakan Mutu yang berbunyi:

"Kami SAMSAT KABUPATEN SEMARANG Berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan Wajib Pajak dengan melakukan perbaikan berkesinambungan. Hal ini dicapai dengan:

1. Memberikan pelayanan yg cepat dan tepat kepada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
2. Meningkatkan kompetensi karyawan.
3. Memberikan keamanan dan keabsahan dokumen Kepemilikan Kendaraan Bermotor.
4. Menerapkan System Manajemen Mutu ISO 9001:2000 secara efisien dan efektif.

- Selain Kebijakan Mutu, di kantor Samsat Kabupaten Semarang juga terpampang Sasaran Mutu yg diletakkan di atas meja pelayanan / penyerahan dokumen di depan para pembayar pajak, sehingga sasaran mutu tersebut bisa dilihat semua pengunjung. Dengan begitu para Wajib Pajak bisa membandingkan antara realisasi dengan sasaran mutu tsb, apakah terjadi penyimpangan atau tidak.

Di samping itu, Wajib Pajak juga bisa memperoleh gambaran kira-kira berapa lama mereka harus menunggu proses penyelesaian urusan mereka. Adapun Sasaran Mutu Samsat Kabupaten Semarang adalah sebagaimana foto sebelah ini.

Pembaca Quality Forum yg budiman, ketika pertama kali melihat adanya Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu yg terpampang jelas di depan para Wajib Pajak yg notabene adalah konsumen Kantor Samsat ini, ketika itu saya sempat takjub. Namun setengah tidak percaya. Tetapi, ketika saya membuktikan sendiri bahwa pelayanannya memang sesuai dengan sasaran mutu-nya, maka saya pun jadi salut dengan komitmen Samsat Kabupaten Semarang menerapkan System Manajemen Mutu ISO 9001 yg bukan hanya sekedar slogan, melainkan sungguh diterapkan di dalam pelayanan nyata.

Implementasi System Manajemen Mutu ISO 9001 di SAMSAT KABUPATEN SEMARANG memang patut diberi apresiasi.

Note: Photo ini diambil bulan Januari 2009.

2 comments:

holy said...

artikel bagus tentang Quality Management..sangat informatif khusunya bagi daerah yang lain

Anonymous said...

wah bagus banget ya...smg bisa menularkan kpd instansi pemerinthana yg lainnya se-Indonesia. seandainya pun penerapannya blm sempurna, setidaknya adanya slogan tsb membuat konsumen lbh lega dan nyaman dgn pelayanan yg diberikan

DAFTAR ISI:

Blogvertise Click Here to Advertise On My Blog Increase Website Traffic

Custom Search